Labels

Footer Widget 1

wibiya widget

Total Tayangan Halaman

Footer Widget 3

Label

ILHAM'S Facebook

Footer Widget 2

Mengenai Saya

Foto saya
saya itu baik hati tidak sombong serta rajin menabung

Pengikut

Sabtu, 12 November 2011

Kebalkan Flash Disk dari Virus RECYCLER

Akhir-akhir ini saya banyak menemui virus varian RECYCLER (termasuk Win32/Ramnit saingannya Win32/Sality yang sama-sama bandelnya) di "mayoritas" flash disk yang ditancapkan ke komputer saya.
 Nah, ini ada cara yang sepertinya lumayan ampuh untuk menghalau virus tersebut agar tidak masuk ke flash disk milik kita (dari komputer lain yang kena virus sama). Cara ini saya dapatkan beberapa bulan lalu di internet (saya lupa situsnya). Cara ini terbukti manjur buat flash disk saya. Berikut uraiannya.

1. Buat folder "Autorun.inf" beserta anaknya (con, aux, nul)

 a. Buka Flash disk Anda (uang belum kena virus), kemudian buat folder baru bernama "Autorun.inf" (tanpa tanda kutip)
b. Buka Command Prompt, kemudian ketikkan (misalnya drive Flash disk Anda adalah F:) :  
md \\.\F:\autorun.inf\con\aux\nul. nama_dan_alamat_rumah_Anda
Periksa dengan membuka Windows Explorer (F:\autorun.inf\con\aux\nul. )

Penjelasan :
Dalam Windows, apabila ada folder dengan nama tersebut, maka file dengan nama yang sama tidak akan bisa masuk. Namun, ternyata muncul varian virus yang dapat menghapus folder autorun.inf. Maka, fungsi folder aneh semacam "con", "aux" dan "nul" adalah untuk pencegahan dari penghapusan folder tersebut oleh virus.
Folder spesial seperti "con", "aux" dan "nul" tidak bisa dibuat dengan cara biasa, juga tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Untuk menghapusnya dapat digunakan perintah rmdir menggantikan md .
Untuk maksud nama dan alamat rumah setelah nul. adalah untuk alat identifikasi siapa pemilik Flash Disk tersebut. Lumayan, kan buat pelacakan.


2. Buat file "RECYCLER"
a. Buatlah file dengan cara klik kanan Drive Flash Disk Anda --> New --> Text Document
b. Rename "New Text Document.txt" dengan "RECYCLER" (tanpa tanda kutip). Hilangkan ekstensi berkas.
c. Buka Command Prompt. Ketikkan "attrib +h +r +s F:\RECYCLER" (jika file RECYCLER ada di drive Flash Disk F, tanpa tanda kutip)
d. Selesai. Periksa apakah atributnya berubah menjadi System File


Penjelasan :
Ini juga merupakan kebalikan dari prinsip folder autorun.inf di atas. Jika ada file dengan nama tersebut, maka folder dengan nama yang sama tidak akan bisa terbentuk. Banyak virus dari varian RECYCLER menggunakan folder ini untuk menyimpan file induk virus, yang kemudian diload melalui file autorun.inf. Cara ini berguna untuk pencegahan.
Pengubahan atribut dengan perintah attrib di atas dimaksudkan agar virus tidak bisa menghapus file yang telah kita buat, karena telah terproteksi oleh sistem karena atribut "read only" (dari +r) dan "system file" (dari +s), sehingga tidak dapat dihapus secara sembarangan. Untuk atribut "hidden" (dari +h) maksudnya agar tidak "elek-elek'i" pemandangan file dalam flash disk.


Silakan segera dipraktekkan. Tips ini terbukti ampuh buat flash disk saya. Semoga ampuh juga buat Anda. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar