Labels

Footer Widget 1

wibiya widget

Total Tayangan Halaman

Footer Widget 3

Label

ILHAM'S Facebook

Footer Widget 2

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
saya itu baik hati tidak sombong serta rajin menabung

Pengikut

Senin, 28 November 2011

Keindahan Sungai di Atas Sungai

Jembatan air Magdeburg adalah saluran air navigasi di Jerman yang menghubungkan Kanal Elbe-Havel ke kanal Mittelland, dan memungkinkan kapal untuk menyeberang di atas Sungai Elbe setinggi 918 meter, Jembatan air Magdeburg adalah saluran air navigasi terpanjang di dunia.



 



Kanal Elbe-Havel dan kanal Mittelland sebelumnya bertemu di dekat Magdeburg tetapi di sisi berlawanan dari Elbe. Kapal dari Kanal Elbe-Havel menuju kanal Mittelland sebelumnya harus menempuh jalan memutar sepanjang 12 kilometer, turun dari Terusan Mittelland melalui lift air raksasa Rothensee untuk mengangkat perahu menuju Elbe, kemudian berlayar melawan arus, sebelum memasuki Kanal Elbe-Havel harus melalui Niegripp Lock. kadar air surut di Elbe sering membuat kapal yang sarat muatan kargo tidak dapat melakukan penyeberangan ini, dan hal ini memakan waktu lebih lama untuk bongkar muat kapal.

  
 

Pembangunan saluran air ini dimulai sejak tahun 1930 namun karena adanya Perang Dunia 2 dan pembagian berikutnya dari Jerman pekerjaan ditunda sampai 1997. saluran air itu akhirnya selesai dan dibuka untuk umum pada tahun 2003.

Mengapa mesin disebut 4 tak?

Mengapa mesin disebut 4 tak, karena memang ada 4 langkah. Berikut adalah detail dari setiap proses. Untuk memudahkannya, maka setting email anda ke HTML sehingga gambar akan terlihat berurutan. Gambar diambil dari website www.howstuffworks.com/engine.htm. Pada website ini, gambar terlihat bergerak. Tetapi untuk memudahkan, gambar sengaja diset per langkah.
4-stroke-engine
1. Intake
Disebut langkah intake karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.

Gerakan valve atau inlet diatur oleh camshaft secara mekanis. Yakni, camshaft mengatur besaran bukaan klep dengan cara menekan tuas klep. Camshaft sendiri digerakan oleh rantai keteng yang disambungkan antara camshaft ke crankshaft. Untuk detilnya, lihat gambar berikut.
 
 
 
 
  
http://legenda.ifastnet.com/technical/files/rawat/jarak_1.gif

Perhatikan bahwa A adalah Intake Valve (klep masuk bahan bakar) dan klep ini ditekan (membuka) karena I (camshaft) menekan valve A. Dengan demikian, pada saat piston turun, maka A terbuka sekaligus bahan bakar ditarik masuk ke ruang bakar. A akan menutup sampai batas tertentu sebelum langkah kedua : kompresi. Rantai keteng tidak terlihat karena akan sulit digambarkan di atas, tetapi crankshaft (P) terhubung dengan camshaft (I). Beberapa mobil Eropa seperti Mercedez menggunakan rantai sebagai penghubung antara crankshaft dan camshaft, tetapi umumnya di mobil Jepang menggunakan belt yang kita kenal sebagai timing belt. 
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a8/Yamaha_YZR-M1_In-line_4-cylinder_engine_2009_Tokyo_Motor_Show.jpg/300px-Yamaha_YZR-M1_In-line_4-cylinder_engine_2009_Tokyo_Motor_Show.jpg

2. Kompresi 
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.

http://xtremengineer.files.wordpress.com/2010/05/combustion.jpg
3. Combustion (Pembakaran) 
Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Jika pada titik 0 derajat busi meledak, bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang, bukan memutar roda ke depan). Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.

http://static.arsipberita.com/images/cached/spaw/uploads/image/Kanal-MOBIL/Tips/2011/04-April/20110414exhaust_1.jpg
4. Exhaust (Pembuangan) 
Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah, atau disebut Titik Mati Bawah. Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). Dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.

4 gaya yang mempengaruhi pesawat

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9StSJEcgE3aCJg4gotqedjStkfHgKjZgIfdshXhtBBaq8_h-1jKXTVffqIywEzf7jUj9NCubRu2-UtB09ikAsANvrTN1P1lc2K8dCpVy1mimyAzSVYIKYSJGQojfZ08V48X3glolrEY4/s1600/Untitled.png

Hal yang menarik dari kendaraan yang bernama pesawat terbang adalah terbang ke atas melawan gravitasi bumi. Ini di sebut lift atau gaya angkat. Untuk kesederhanaan tulisan, maka selanjutnya kata lift dan istilah-istilah lain hanya diterjemahkan di awal tulisan.
http://cargoku.files.wordpress.com/2011/01/gaya2padapesawat.jpg?w=300
Pembahasan dalam aerodinamika ini dibatasi pada pesawat berbaling-baling dan bermesin piston. Aneka kombinasi letak mesin tidak dibahas. Pesawat dengan model seperti ini mempunyai mesin piston yang memutar baling-baling di depan pesawat. Seperti halnya kipas angin, baling-baling ini meniup udara ke belakang dengan kuat sehingga terjadi reaksi dari pesawat itu sendiri untuk bergerak ke depan. Gaya dorong dari baling-baling ini disebut THRUST. Gaya ini bekerja ke depan.
Image
4 forces of flight
Pada waktu bergerak ke depan, udara yang dilewati oleh pesawat menghasilkan gesekan yang menahan gerakan pesawat tersebut. Gaya gesek ini disebut DRAG. Dengan adanya DRAG maka dibutuhkan lebih banyak THRUST untuk menggerakkan pesawat.
Pada waktu pesawat digerakkan ke depan dengan kecepatan tertentu, sayap menghasilkan gaya angkat yang disebut LIFT. LIFT ini bertambah seiring dengan bertambahnya kecepatan pesawat. Tapi jika kecepatan pesawat terus ditambah, maka DRAG yang terjadi akan terlalu besar dan sayap pesawat akan berhenti menghasilkan LIFT.
Gaya yang terakhir adalah gaya yang kita kenal dengan berat, yang dalam tulisan ini selanjutnya disebut WEIGHT.



http://ekaekiekuekeeko.byethost9.com/gambar/gaya%20pesawat.jpg

10 jam tangan termahal di dunia

10. Ulysse Nardin – Royal Blue Tourbillon ($1,000,000)(9,5M-an)
Spoiler for :

Jam mahal ini dari Ulysse Nardin dibuat di platinum. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1846. Jam yang dihiasi dengan berlian 568 baguette-cut Wesselton Top (33,8 karat) dan 234 baguette-cut royal blue sapphires (16,79 karat). Memiliki edisi terbatas 30 buah. Jam ini juga tersedia dengan tali kulit.
9. Patek Philippe Sky Moon Tourbillon ($ 1.3 million)(12,5 M-an)
Spoiler for :

Jam Patek Philippe ini memiliki gerakan terdiri dari 686 bagian, beberapa di antaranya mikroskopis kecil. Jam unik ini memiliki dua wajah. Bagian belakang melihat memiliki waktu sidereal dan grafik langit bahwa jejak bintang-bintang dan fase dan orbit bulan. Ini memiliki fitur gerakan mekanis, sebuah repeater menit dengan pelarian tourbillon, fase lompatan dan kalender abadi. 
8. Parmigiani Fleurier – Fibonacci Pocket Watch ($2,400,000)(22,8 M-an)
Spoiler for :

Jam indah dari Parmigiani Fleurier. Perusahaan ini didirikan pada 1975 di Fleurier, Swiss. Hal ini dibuat seluruhnya di Palladium dan memiliki repeater menit dengan lonceng katedral dan kalender abadi. Jam ini sangat menarik, dihiasi dengan enamel work. Ini memiliki citra bunga teratai dan bentuk siput merupakan fibonacci Golden Rule.
7. Franck Muller – Aeternitas Mega 4 ($2,700,000)(25,6 M-an)
Spoiler for :

Jam menakjubkan dari Franck Muller. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 di Genthod, Swiss. Jam ini memiliki 36 complications, yang paling banyak dari setiap jam di dunia. Ini berisi kalender 999 tahun dan memiliki sebuah chronograph. Ini memiliki cadangan daya tiga hari bagi gerakan dan cadangan 24-jam untuk perpaduan tersebut. Ini memiliki indikator untuk 3 zona waktu. Jam ini hanya tersedia di Jenewa dan New York.
6. Cartier – Secret watch with phoenix decor ($2,755,000)(26M-an)
Spoiler for :

Jam tangan unik ini bentuk phoenix dibuat rhodium, disepuh dengan emas putih. Mata phoenix terbuat dari zamrud dan berlian 3,53 karat. 3.010 potong berlian dengan total 80,13 karat menutup tubuh phoenix. Cartier dimiliki oleh Richemont. 
5. Patek Philippe’s Platinum World Time ($4 million)( 38M-an)
Spoiler for :

Arloji dari pembuat Patek Philippe, seharga $ 4 juta. Jam ini menampilkan zona waktu 24-jam di berbagai negara. Hal ini mudah digunakan dan dapat dibedakan antara siang dan malam dalam zona yang berbeda.
4. Louis Moinet – Meteoris ($4,599,487)(43,5M-an)

Tourbillon ini menyajikan meteorit dari planet Mars. Ia memiliki tangan-dial terukir. Ia telah menggunakan bahan berusia 2000 tahun, meteorit bulan dan maka didapat nama itu. Jam luar dibuat dalam emas 18 karat.
3. Patek Phillipe’s Supercomplication ($ 11 million)(104,5M-an)
Spoiler for :

Jam ini memiliki harga sebesar US $ 11 juta pada tahun 1999. Hal itu dilelang di pelelangan Sotheby's pada tahun 1999. Itu dibuat untuk Henry Graves. Jam tangan itu dibuat tahun1932 dan 4 tahun untuk menyelesaikan pengerjaan itu. Ini terbuat dari emas 18 karat dan memiliki 24 complications.
2. 201-carat Chopard ($25 million)(237,5 M-an)
Spoiler for :

Arloji indah ini berada di antara batu-batu yang paling mahal. Jam ini dikelilingi oleh tiga merah (15 karat), biru (12 karat) dan perak (11 karat) batu berwarna, berlian berbentuk hati. Berlian putih disusun untuk membentuk bunga. Memiliki berlian kuning sebagai pusat mereka. Memiliki 874 berlian dan berat 201 karat.
1. Jaeger-LeCoultre - Joaillerie 101 Manchette (Priceless till date)
Spoiler for :

Jam glamor dan indah ini, dibuat untuk "a million baby dollar" dihargai sebagai tak ternilai harganya sampai hari ini. Jam ini dari Jaeger-LeCoultre. Arloji berkilau dengan 576 berlian dan safir dial. Hal ini seperti gelang. Ini memiliki daun hitam seperti tangan. Mahkota belitan ada di belakang jam tangan. Unit-unit kuadrat dari jam, dibuat seluruhnya dalam emas putih 18 karat.

Alasan Kenapa Roda Pesawat Itu Kecil

Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat.


Ban pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban mobil.


Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan maksimum mobil.

Konsep Mobil Terbang Dari Honda

Honda dengan mottonya "The Power of Dreams" membuat design revolusi baru dengan konsep mobil terbang. Mobil terbang adalah konsep baru yang didesign oleh Advanced Design Studio di Pasadena Honda, California.











Peneliti Berhasil Menciptakan Alat Pengendali Pikiran Jarak Jauh


Peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) menciptakan perangkat elektronik yang mampu mengendalikan pikiran. Perangkat yang dipasang di kepala seperti sebuah helm ini telah diujicobakan kepada tikus.

Perangkat pengendali pikiran tersebut terdiri atas dua papan sirkuit dan sebuah antena. Ketika diujicobakan kepada tikus, peneliti bisa mengendalikan perilaku binatang dari jarak jauh hanya menggunakan cahaya.

"Cahaya berfungsi mengaktifkan neuron khusus yang berada di dalam jaringan saraf," ujar salah seorang peneliti dari Department of Electrical Engineering and Computer Science MIT, Christian Wentz.

Inovasi yang dilakukan Wentz bersama tim penelitinya adalah bagian dari bidang pengetahuan optogenetika. Bidang ini menggabungkan pengetahuan optik dan ilmu genetika yang berguna untuk mempelajari pengendalian sel menggunakan cahaya.

Untuk mengendalikan pikiran, peneliti menelaah protein khusus dan sel saraf yang sensitif terhadap rangsangan cahaya. Protein akan membuka ketika terpapar cahaya sehingga memungkinkan ion masuk ke dalam sel saraf.

Dengan menempelkan protein pada titik yang tepat, peneliti bisa menghidupkan bagian otak tertentu. Teknik ini memungkinkan peneliti membangkitkan perilaku seksual atau agresivitas, yang membuat binatang berjalan melingkar.

Perangkat pengendali pikiran ini tidak menggunakan baterai sebagai sumber energi. Wentz memanfaatkan medan magnet untuk menginduksi antena yang menempel di kepala tikus.

Induksi magnetik inilah yang memberi tenaga bagi 16 LED yang diletakkan di helm. Cahaya dari LED ini cukup untuk mengendalikan neuron tertentu pada otak tikus.

Sebuah perangkat lunak ditanam dalam papan sirkuit dan terhubung dengan komputer. Wentz memprogram agar cahaya biru menyinari bagian otak yang mengendalikan aktivitas gerak tikus.

Tikus sendiri akan bergerak ke kiri jika lampu biru menyala. "Dengan cara ini, kami bisa mengendalikan gerakan tikus," dia memaparkan.

Tak hanya mengendalikan gerakan tikus, peneliti juga merekam semua aktivitas sel saraf yang terpapar cahaya. Rekaman ini akan dimanfaatkan untuk menguak sensitivitas tikus.

7 Karya Arsitektur Kuno Paling Menakjubkan



Bangga akan apa yang kita capai dalam kemajuan IPTEK. Mungkin kita mengira bahwa pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan lainnya merupakan teknologi canggih yang ditemukan oleh para ilmuwan di zaman modern ini. Tetapi, kita pasti tidak mengira bahwa desain teknologi yang mirip sudah lebih dulu diciptakan oleh peradaban zaman dahulu.

1. Desain Kincir Angin
Kincir angin Persia kuno merupakan salah satu kincir angin tertua yang pernah dibuat oleh manusia. Kincir angin ini dibuat oleh peradaban Persia sekitar 3000 tahun yang lalu. Kincir angin ini digunakan untuk menggiling gandum dan memompa air.
Tanaman alang - alang diikat menjadi satu sehingga terbentuk bantalan yang diletakkan di sumbu pusat. Kincir angin ini dibuat dengan hati - hati, karena hampir setiap bagian dibuat dengan tangan.

Walaupun mekanismenya sederhana, tetapi kincir angin ini telah dikenal oleh seluruh peradaban lainnya pada masa itu, dan beberapa negara masih menggunakan mekanisme seperti ini hingga di era modern ini. Bisa dibilang, kincir angin kuno ini merupakan cikal bakal kincir angin modern yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin.

2. Menara Angin Persia
Masih dari peradaban Persia kuno, menara angin atau wind tower ini digunakan oleh masyarakat Persia untuk sistem ventilasi udara di rumah - rumah mereka. Sistem ventilasi mereka jauh lebih rumit dari sistem ventilasi yang ada di rumah kita.
Sistem ventilasi yang mereka kembangkan sejak 2.000 tahun yang lalu ini mungkin hanya bisa disaingi oleh sistem ventilasi dengan teknologi modern. Prinsipnya adalah dengan menggunakan kombinasi perbedaan tekanan udara, dan penyesuaian iklim lingkungan di daerah Persia.

3. Saluran Air Grafitasi Romawi

Bangsa Romawi kuno juga mengembangkan suatu saluran air yang memanfaatkan gravitasi bumi untuk mengalirkan air ke seluruh wilayah Romawi. Selain digunakan untuk mengalirkan air, saluran air gravitasi ini juga digunakan dalam berbagai kegiatan masyarakatnya, diantaranya untuk roda air, hidrolik penghancur bijih besi, dan lain - lain.

4. Saluran Bawah Tanah
Karena Yerussalem terletak di dataran tinggi dan jauh dari sumber air, maka kota ini memenuhi kebutuhan air dari sungai bawah tanah. Masyarakatnya telah mengembangkan suatu saluran air bawah tanah yang masih bisa digunakan hingga saat ini, meski telah berumur puluhan ribu tahun.

5. Pemanfaatan Energi Geothermal
Peradaban Romawi kuno telah memanfaatkan energi panas bumi untuk memenuhi kebutuhan energinya. Energi panas bumi berasal dari gunung berapi Vesuvius, yang kemudian memanaskan air di sekitar wilayah tersebut.
Panas yang dihasilkan tadi kemudian digunakan untuk berbagai hal, seperti untuk pemandian air panas, hidrolik, kebutuhan medis, dan lainnya. Jika listrik telah ditemukan pada masa itu, mungkin sumber energi ini bisa dimanfaatkan lebih luas lagi.

6. Pemanfaatan Energi Surya
Pemanfaatan energi surya telah ditemukan oleh peradaban Yunani kuno. Jika kita menggunakan sel surya sebagai pembangkit tenaga listrik, maka peradaban Yunani kuno menggunakannya sebagai cadangan panas selama musim dingin berlangsung.
Konsepnya begitu sederhana, mereka membuat bangunan yang menghadap ke arah matahari, dan seluruh bangunan didesain seperti itu untuk menangkap sinar matahari sebanyak - banyaknya di siang hari karena sinar matahari lebih rendah dari atap mereka.

Ketika di malam hari, seluruh Peradaban Romawi selangkah lebih maju dengan menambahkan kaca untuk menyerap panas matahari dengan maksimal. Ternyata pemanfaatan tenaga surya itu sudah ada sejak lama ya.

7. Istana Tebing (Cliff Palace)
Tempat yang disebut dengan Istana Tebing ini terletak di Mesa Verde National Park, Colorado. Bangunan unik ini dibangun oleh masyarakat Amerika Utara pada zaman dahulu. Desain konstruksi yang unik ini memiliki tujuan sebagai pendinginan dari sengatan matahari yang panas pada masa itu.
Kita tidak bisa meremehkan begitu saja bangunan - bangunan zaman dahulu. Terkadang, dengan teknologi modern sekalipun, belum tentu dapat menghasilkan bangunan serupa dengan fungsi yang sama pula. Arsitektur zaman kuno memang luar biasa, menandakan bahwa pencapaian ilmu pengetahuan pada masa itu tergolong maju.